SGG Prima Beton Tambah Saham Di Varia Usaha Beton

by admin in Uncategorized | 0 comments

Bisnis.com, JAKARTA – PT SGG Prima Beton, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., menambah penyertaan saham di PT Varia Usaha Beton dengan cara pembelian 2,9 juta lembar saham senilai Rp60,97 miliar.

Manajemen perseroan menyatakan rencana pengembangan usaha beton dengan penambahan modal di Varia Usaha Beton oleh SGG Prima Beton akan memperbaiki struktur modal Varia Usaha Beton.

“Pengembangan usaha beton ini tentu akan berdampak positif pada penambahan serapan semen milik perseroan dan nilai tambah dari lini usaha beton berupa konsolidasi peningkatan pendapatan dan peningkatan profitabilitas yang pada akhirnya memberi manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan,” papar perseroan dalam pengumuman di Bursa Efek Indonesia, Rabu (29/6/2016).

Sebelum dilakukan transaksi, saham Varia Usaha Beton dimiliki oleh PT Varia Usaha dengan porsi 63,33% dan oleh SGG Prima Beton 36,67%.

Pengembangan usaha Varia Usaha Beton akan dilakukan untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar beton khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang merupakan basis penjualan semen perseroan.

“Dalam usaha pengembangan usaha beton di Varia Usaha Beton maka langkah strategis berupa konsolidasi usaha beton di grup usaha perseroan perlu dilakukan. Tujuan dari konsolidasi adalah untuk memperkuat struktur permodalan Varia Usaha Beton agar dapat berkembang sehingga diperlukan tambahan penyertaan modal dari pemegang saham,” paparnya.

Dalam upaya konsolidasi bisnis usaha readymix concrete di grup Semen Indonesia, SGG Prima Beton telah membeli saham miliki Dana Pensiun Semen Gresin sebesar 36,75% di Varia Usaha Beton pada 2016.

“Dan pada 2016 Varia Usaha Beton merencanakan akan menerbitkan saham baru dan SGG Prima Beton akan menempatkan tambahan sahamnya di Varia Usaha Beton sehingga menjadi pemegang saham mayoritas,” paparnya.

Hasil dari konsolidasi tersebut adalah meningkatnya kemampuan Varia Usaha Beton dalam melakukan pengembangan usahanya sehingga SGG Prima Beton dan Semen Indonesia diharapkan akan mendapatkan penambahan nilai dan penjualan semen perseroan akan turut meningkat. (bisnis.com)