Who we are

PT. Semen Indonesia Beton merupakan Grup Perusahaan PT. Semen Indonesia yang bukan penghasil semen. Anak perusahaan memainkan peranan yang sangat penting sebagai strategic partner, maupun sebagai pendukung community development. Anak perusahaan diharapkan mampu mendukung bisnis inti Semen Indonesia selaku holding company dan memberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk mencapai keunggulan kompetitif dan perkembangan perusahaan secara terus menerus. Keberadaan anak usaha diharapkan dapat memberi sinergi yang bermanfaat untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

PT Semen Indonesia Beton (semula PT SGG Prima Beton), dalam kapasitasnya selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, telah melakukan terobosan-terobosan yang bersifat visioner dan stratejik, untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya, menyongsong tercapainya visi dan misi yang telah dicanangkannya.

Tuntutan persaingan di pasar yang semakin tajam, dengan semakin tingginya persyaratan dari pelanggan membuat sinergi antar unit bisnis di satu grup menjadi satu-satunya pilihan. Sinergi akan semakin memperkuat daya saing bisnis, karena akan semakin meningkatkan kapasitas dan kompetensinya. Oleh karena itu maka PT Semen Indonesia Beton ( semula PT SGG Prima Beton) kemudian melakukan langkah visioner dan strategis dengan membeli 2.900.000 lembar saham dari PT Varia Usaha Beton. Sehingga PT Semen Indonesia Beton  (sebelumnya PT SGG Prima Beton) memiliki saham mayoritas, dengan jumlah kepemilikan saham  sebesar 50,9%.

PT Semen Indonesia Beton (sebelumnya PT SGG Prima Beton) dan PT Varia Usaha Beton adalah dua perusahaan di bawah bendera Semen Indonesia Group, ya ng memiliki aktifitas bisnis yang sama, yaitu sebagai produsen dan pemasar produk-produk hilir industri semen, seperti  beton siap pakai (ready-mixed concrete), beton pracetak (precast concrete) dan Masonry beton (concrete masonry). Selama ini yang membedakan antara satu dengan lainnya adalah dalam hal wilayah pasarnya. PT Semen Indonesia Beton (sebelumnya PT SGG Prima Beton), memiliki wilayah pasar di Indonesia Bagian Barat, sementara PT Varia Usaha Beton memiliki wilayah pasar di Indonesia Timur.

Dengan bersatunya 2 (dua) perusahaan dengan aktifitas bisnis yang sejenis  dalam gerak langkah yang sinergik ini, meski masih menyandang nama perusahaan yang tetap seperti semula, namun memiliki merk (brand) yang sama , yaitu SEMEN INDONESIA BETON  (SI-Beton), yang memiliki kapasitas sejumlah 46 unit Batching Plant, 4 unit Precast Plant, 3 unit Concrete Masonry Plant, dan 7 unit stone crushing plant. Unit unit tersebut di atas tersebar di seluruh pelosok indonesia.

Adapun Anak Perusahaan Semen Indonesia penghasil semen maupun bukan penghasil semen meliputi :

Anak perusahaan bukan penghasil semen diantaranya:

  • PT United Tractors Semen Gresik
  • PT Industri Kemasan Semen Gresik
  • PT Kawasan Industri Gresik
  • PT Swadaya Graha
  • PT. Krakatau Semen Indonesia
  • PT. SGG Energi Prima
  • PT. Semen Indonesia Beton
  • PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia
  • PT Varia Usaha
  • PT Eternit Gresik

Anak perusahaan penghasil semen diantaranya:

  • Semen Padang
  • Semen Gresik
  • Semen Tonasa
  • Thang Long Cement Vietnam

Board of Commisioner

2644
Doddy Sulasmono Diniawan

Komisaris Utama

Doddy Sulasmono Diniawan, lahir di 27 Februari 1967. Diangkat sebagai Komisaris Utama pada RUPSLB Semen Indonesia Beton tahun 2018. Beliau diangkat menjadi Direktur Strategi Bisnis Dan Pengembangan Usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. pada RUPSLB 2017 dan masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2022. Riwayat Pendidikan beliau lulusan S2 Manajemen Keuangan di Universitas Padjajaran, S1 Ekonomi Manajemen di Universitas Katolik Parahyangan.

2649
Mufti Arimurti

Komisaris

Mufti Arimurti, lahir tanggal 13 Agustus 1961, diangkat sebagai Komisaris  pada RUPSLB Semen Indonesia Beton tahun 2016. Saat ini beliau menjabat sebagai Senior Manajer Pemasaran Semen Indonesia. Mulai berkarirnya di PT Semen Gresik (Persero) Tbk pada tahun 1996. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknik Industri Institut Teknologi Bandung tahun 1995.

Board of Director

2651
Ibrahim

Direktur Utama

Ibrahim, diangkat sebagai Direktur Komersil SGG Prima Beton sejak tahun 2015 melalui RUPS SGG Prima Beton. Beliau mulai karir sebagai Direktur selama 31 tahun di PT. Jaya Readymix terhitung sejak tahun 1984. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Akuntansi pada Universitas Trisakti tahun 1983.

2653
Wahyu Poernomo

Direktur Keuangan

Wahyu Poernomo. Lulus S1 dari UPN  ‘Veteran’  Surabaya tahun 1993 & lulus S2 dari UPN ‘Veteran’ Surabaya tahun 2004. Lulus Pendidikan Profesi Akuntan tahun 2008 dan saat ini merupakan Kandidat Doktor STIESIA dengan konsentrasi di bidang Strategic Management.

Diangkat sebagai Direktur PT Varia Usaha Beton pada tahun 2011. Pernah menjabat di PT Waru Abadi sebagai Financial Assistant Vice President pada tahun 1999 dan di Kantor Akuntan Publik KJA Soca Baskara sebagai Auditor pada tahun 1995.

2647
Wahyu Nugroho

Direktur Operasional

Wahyu Nugroho, lahir di Tulungagung 18 januari 1980. Diangkat menjadi Direktur Operasional PT Semen Indonesia Beton pada Januari 2018 berdasaarkan keputusan para pemegang saham,dan masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2022. Sebelumnya beliiau menjabat Direktur Operasional PT Swadaya Graha pada RUPS 6 Maret 2017.

Menempuh pendidikdan S2 Magister Manajemen di Universittas Airlangga (UNAIR) Surabaya, dan S1 Teknik Fisika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.